EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI merupakan 3 istilah yang saat ini
sedang “ngetrend” dikalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan ;
“Apa sih
pengertian dari ketiga istilah tersebut dan bagaimana penerapannya dalam
kegiatan pembelajaran
?”, ternyata banyak dari kita para guru belum memahaminya.
A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
- Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
- Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.
- Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
B. Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran
Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah sebagai berikut ;
1. Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan
peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media
untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta
didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong
peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang
membedakan dengan gejala
pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan laboratorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
- menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru :
- menggunakan berbagai pendekatan dan media
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik
dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar - melibatkan peserta didik secara aktif
2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta
didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar
pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau
kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang
sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan
kolaborasi, membiasakan
peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis,
menyimpulkan
bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
- melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Guru :
- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis,
meemcahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut - memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
3. Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan
balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman
belajar, memberikan apresiasi terhadap
kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang
dikuasi guru , menambah
informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta
didik untuk
menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk
lebih menguatkan
penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh
keyakinan, maka
peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar
yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan
masalah dan menerapkan
ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
Peserta didik :
- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Guru :
- memberi umpan balik positif kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik