Tabel 1
Struktur Kepangkatan
dan Jabatan Guru
Golongan Lama
|
Golongan Baru
|
Jenjang Kepangkatan
|
Jenjang Jabatan
|
-
|
IV/e
|
Pembina Utama
|
Guru Utama
|
IV/d
|
IV/d
|
Pembina Utama Madya
|
|
IV/c
|
IV/c
|
Pembina Utama Muda
|
Guru Madya
|
IV/b
|
IV/b
|
Pembina Tk. I
|
|
IV/a
KTI
|
IV/a
|
Pembina
|
|
III/d
|
III/d
|
Penata Tk. I
|
Guru Muda
|
III/c
|
III/c
|
Penata
|
|
III/b
|
III/b
KTI
|
Penata Muda Tk. I
|
Guru Pratama
|
III/a
|
III/a
|
Penata Muda
|
|
II/d
|
-
|
||
II/c
|
-
|
||
II/b
|
-
|
||
II/a
|
-
|
Tabel 2
Jabatan Fungsional
Guru
No
|
Jabatan
|
Golongan
|
1
|
Guru Pratama
|
Golongan III/a dan III/b
|
2
|
Guru Muda
|
Golongan III/c dan III/d
|
3
|
Guru Madya
|
Golongan IV/a, IV/b dan IV/c
|
4
|
Guru Utama
|
Golongan IV/d dan IV/e
|
Tabel 3
Unsur Penilaian Angka
Kredit Jabatan Fungsional Guru
No
|
Unsur Kegiatan
|
Rincian
|
Bobot
|
1
|
Unsur Utama
|
||
A.
Pendidikan
|
1.
Ijazah sesuai bidang tugas
|
||
a.
S3 Doktor
|
200
|
||
b.
S2 Magister / Master
|
150
|
||
c.
S1 Sarjana atau D4
|
100
|
||
d.
Prajabatan Guru/Program Induksi
|
3
|
||
B.
Pembelajaran/
|
1.
Melaksanakan proses pembelajaran
|
Paket
|
|
Bimbingan dan
|
2.
Melaksanakan proses bimbingan
|
Paket
|
|
Tugas Tertentu
|
3.
Melaksanakan tugas lain yang relevan
|
Paket
|
|
a.
Kepala Sekolah
|
Paket
|
||
b.
Wakil Kepala Sekolah
|
Paket
|
||
c.
Ketua Program
|
Paket
|
||
d.
Kepala Perpustakaan
|
Paket
|
||
e.
Kepala Lab, bengkel, unit produksi
|
Paket
|
||
f.
Pembimbing khusus
|
Paket
|
||
g.
Walikelas
|
Paket
|
||
h.
Menyusun KTSP
|
Paket
|
||
i.
Pengawas Penilaian dan Evaluasi
|
Paket
|
||
j.
Membimbing Ekstrakurikuler
|
Paket
|
||
k.
Pembimbing Publikasi Ilmiah
|
Paket
|
||
l.
Bimbingan Kelas (guru kelas)
|
Paket
|
||
C.
Pengembangan
|
1.
Pengembangan Diri
|
||
Keprofesian
|
1.1. Diklat
Fungsional
|
||
Berkelanjutan
|
a.
Lama lebih dari 960 jam
|
15
|
|
b.
Lama 641 – 960 jam
|
9
|
||
c.
Lama 481 – 640 jam
|
6
|
||
d.
Lama 161 – 480 jam
|
3
|
||
e.
Lama 81 – 160 jam
|
2
|
||
f.
Lama 30 – 80 jam
|
1
|
||
1.2. Kegiatan
Kolektif Guru
|
|||
a.
Lokakarya Kurikulum dan Silabus
|
0,15
|
||
b.
Keikutsertaan pada kegiatan ilmiah
|
|||
(seminar,
koloqium, diskusi panel)
|
|||
1)
Sebagai pembahas
|
0,2
|
||
2)
Sebagai peserta
|
0,1
|
||
2.
Publikasi ilmiah
|
|||
2.1. Presentasi
pada forum ilmiah
|
|||
a.
Pemrasaran/narasumber seminar dan
|
0,2
|
||
lokakarya
|
|||
b.
Pemrasaran/narasumber pada koloqium
|
0,2
|
||
dan diskusi
panel
|
|||
2.2. Hasil
penelitian atau gagasan ilmiah
|
|||
a.
KTI hasil penelitian dipublikasikan dalam
|
4
|
||
Bentuk buku
ber-ISBN dan lulus penilaian
|
|||
BSNP
|
|||
b.
KTI pada Jurnal/majalah Nasional
|
3
|
||
c.
KTI pada Jurnal/majalah propinsi
|
2
|
||
d.
KTI pada majalah ilmiah kab/kota
|
1
|
||
e.
KTI laporan hasil penelitian yang diseminar-
|
4
|
||
kan dan
didokumentasi di perpustakaan
|
|||
sekolah
|
|||
f.
Makalah didokumentasikan di
|
2
|
||
Perpustakaan
sekolah
|
|||
g.
Tulisan Ilmiah Populer Pendidikan
|
|||
1)
Artikel dimuat di media masa nasional
|
2
|
||
2)
Artikel dimuat di media masa provinsi/
|
1,5
|
||
daerah
|
|||
3)
Artikel dimuat di Jurnal Nasional
|
2
|
||
terakreditasi
|
|||
4)
Artikel dimuat di Jurnal Nasional
|
1,5
|
||
tidak
terakreditasi
|
|||
5)
Artikel dimuat di jurnal lokal
|
1
|
||
2.3. Publikasi
Buku Teks dan Pedoman
|
|||
a.
Buku pelajaran
|
|||
1)
Lulus penilaian BSNP
|
6
|
||
2)
Ber-ISBN
|
3
|
||
3)
Belum ber-ISBN
|
1
|
||
b.
Modul/Diktat per semester
|
|||
1)
Tingkat provinsi
|
1,5
|
||
2)
Tingkat kabupaten/kota
|
1
|
||
3)
Tingkat sekolah/lokal
|
0,5
|
||
c.
Buku Pendidikan
|
|||
1)
Ber-ISBN
|
3
|
||
2)
Belum ber-ISBN
|
1,5
|
||
d.
Karya hasil terjemahan
|
1
|
||
e.
Buku pedoman guru
|
1,5
|
||
3.
Melaksanakan karya inovatif :
|
|||
3.1. Menemukan
teknologi tepat guna
|
|||
a.
Katagori kompleks
|
4
|
||
b.
Katagori sederhana
|
2
|
||
3.2. Menemukan
karya seni
|
|||
a.
Katagori kompleks
|
4
|
||
b.
Katagori sederhana
|
2
|
||
3.3. Membuat
alat peraga/praktikum
|
|||
a.
Alat pelajaran
|
|||
1)
Kompleks
|
2
|
||
2)
Sederhana
|
1
|
||
b.
Alat peraga
|
|||
1)
Kompleks
|
2
|
||
2)
Sederhana
|
1
|
||
c.
Alat praktikum
|
|||
1)
Kompleks
|
2
|
||
2)
Sederhana
|
1
|
||
3.4. Mengikuti
penyusunan standar, pedoman soal
|
|||
dan
sejenisnya
|
|||
a.
Tingkat nasional
|
1
|
||
b.
Tingkat provinsi
|
1
|
||
2
|
Unsur Penunjang Tugas
|
1.
Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan
|
|
Guru
|
bidang
yang diampunya
|
||
a.
Doctor (S3)
|
15
|
||
b.
Pascasarjana (S2)
|
10
|
||
c.
Sarjana (S1 atau D4)
|
2
|
||
2.
Kegiatan pendukung tugas guru :
|
|||
a.
Membimbing siswa praktik, ekstrakurikuler
|
0,17
|
||
b.
Pengawas ujian penilaian dan evaluasi
|
|||
1)
Sekolah
|
0,08
|
||
2)
Nasional
|
0,08
|
||
c.
Anggota organisasi profesi
|
|||
1)
Pengurus Aktif
|
1
|
||
2)
Anggota Aktif
|
0,75
|
||
d.
Anggota Pramuka
|
|||
1)
Pengurus Aktif
|
1
|
||
2)
Anggota Aktif
|
0,75
|
||
e.
Tim penilai angka kredit (Dupak)
|
0,04
|
||
f.
Tutor/pelatih/instruktur (2 jam pelajaran)
|
0,04
|
||
3.
Perolehan penghargaan/tanda jasa
|
|||
a.
Satya lencana karya satya
|
|||
1)
30 tahun
|
3
|
||
2)
20 tahun
|
2
|
||
3)
10 tahun
|
1
|
||
b.
Penghargaan / tanda jasa
|
1
|
Tabel 4
Kategorisasi
Penilaian Kinerja Guru
No
|
Rentang Skor
|
Kategorisasi
|
Konversi Kredit
|
1
|
91 – 100
|
Amat Baik
|
125 %
|
2
|
76 – 90
|
Baik
|
100 %
|
3
|
61 – 75
|
Cukup
|
75 %
|
4
|
51 – 60
|
Sedang
|
50 %
|
5
|
< 50
|
Kurang
|
25 %
|
Tabel 5
Jumlah Angka Kredit
Komulatif Minimal
No
|
Unsur
|
%
|
Jenjang Jabatan / Golongan Ruang dan
Angka Kredit
|
||||||||
Pratama
|
Muda
|
Madya
|
Utama
|
||||||||
III/a
|
III/b
|
III/c
|
III/d
|
IV/a
|
IV/b
|
IV/c
|
IV/d
|
IV/e
|
|||
UNSUR UTAMA
A. Pendidikan
1.
Memperoleh Ijazah
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
||
2. Diklat Prajabatan
B. Pembelajaran/Bimbing- an dan
tugas relevan
C. Pengembangan Kepro –
fesian berkelanjutan
|
< 90%
|
-
|
45
|
90
|
180
|
270
|
405
|
540
|
675
|
855
|
|
UNSUR PENUNJANG
1.
Ijazah lain
2.
Kegiatan pendukung tugas
|
> 10%
|
-
|
5
|
10
|
20
|
30
|
45
|
60
|
75
|
95
|
|
JUMLAH
|
100
|
150
|
200
|
300
|
400
|
550
|
700
|
850
|
1050
|
Tabel 6
Macam-macam Publikasi
Guru
NO
|
PUBLIKASI
ILMIAH GURU
|
SATUAN
HASIL
|
1
|
Presentasi pada forum ilmiah sebagai
pemrasaran/nara sumber
|
Surat keterangan dan laporan kegiatan
|
2
|
Publikasi
ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan
formal yang diterbitkan
|
Buku, jurnal, majalah ilmiah
|
3
|
Karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya yang diseminarkan dan didokumentasikan di perpustakaan sekolah
|
Laporan hasil penelitian (KTI)
|
4
|
Tulisan berupa tinjauan ilmiah pendidikan dan pembelajaran tidak
diterbitkan dan didokumentasikan pada perpustakaan sekolah
|
Makalah
|
5
|
Tulisan ilmiah popular bidang pendidikan yang diterbitkan pada media
massa
|
Artikel ilmiah
|
6
|
Teks pelajaran, pengayaan pelajaran, pedoman guru, karya terjemahan,
dan penunjang pendidikan
|
Buku
|
7
|
Tulisan bahan pelajaran yang disahkan Dinas Pendidikan setempat
|
Diktat atau modul per semester
|
Tabel 7
Statifikasi Jabatan
Fungsional Guru yang Membutuhkan Kegiatan
Pengembangan Diri dan
Publikasi Ilmiah
NO
|
JABATAN
GURU
|
GOL.
RUANG
|
PENGEMBANGAN
DIRI
|
PUBLIKASI
ILMIAH
|
1
|
Guru Pratama
|
III/a
|
-
|
-
|
III/b
|
Minimal 3 kredit
|
-
|
||
2
|
Guru Muda
|
III/c
|
Minimal 3 kredit
|
4 kredit
|
III/d
|
Minimal 3 kredit
|
6 kredit
|
||
3
|
Guru Madya
|
IV/a
|
Minimal 4 kredit
|
8 kredit
|
IV/b
|
Minimal 4 kredit
|
12 kredit
|
||
IV/c
|
Minimal 4 kredit
|
12 kredit
|
||
4
|
Guru Utama
|
IV/d
|
Minimal 5 kredit
|
14 kredit
|
IV/e
|
Minimal 5 kredit
|
20 kredit
|
Tabel 8
Persyaratan
Administrasi Usulan PAK
NO
|
JENIS KTI
|
BENTUK KTI
|
BUKTI FISIK
|
1
|
Karya ilmiah hasil penelitian
|
Dipublikasikan :
-
Dalam bentuk buku, diterbitkan dan diedarkan
secara nasional
-
Dalam bentuk majalah yang diakui Kementrian
Pendidikan Nasional, LIPI atau Organisasi Profesi
-
Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasi
pada perpustakaan sekolah dalam bentuk buku atau majalah
|
Bukti asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
Majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
Buku/Majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
|
2
|
Makalah atau artikel berupa tinjauan atau ulasan ilmiah populer hasil
gagasan sendiri dalam bidang pendidikan
|
Dipublikasikan :
-
Dalam bentuk jurnal, diterbitkan dan diedarkan
secara nasional
-
Dalam bentuk majalah yang diakui Kementrian
Pendidikan Nasional, LIPI atau Organisasi Profesi
-
Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasi
pada perpustakaan sekolah dalam bentuk buku atau majalah
|
Jurnal atau majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala
Sekolah
|