Ada
beberapa hal yang harusdilakukandalam melakukan sebuah pembelajaran atau dalam
ruang lingkup mengajar. Kesalahan dalam mengajar bisa berakibat fatal jika
terus menerus dilakukan.
Ketika
mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi, maka
tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal. Guru harus
menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya
secara fleksibel. Hal yang dibutuhkan dua hal utama yaitu: (1) Pengetahuan dan
keahlian profesional; (2) komitmen dan motivasi.
A. PENGETAHUAN
DAN KEAHLIAN PROFFESIONAL
Guru
yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar
yang baik. Guru yang efektif memiliki strategi pengejaran yang baik dab
didukung oleh metode penetapan tujuan, perencanaan pengajaran, dan manajemen
kelas. Mereka tahu bagaimana memotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara
efektif dengan murid-murid dari berbagai latar belakang kultural. Mereka juga
mengetahui cara menggunakan teknologi yang tepat guna di dalam kelas. Berikut
adalah masing-masing penjelasan dari beberapa kriteria di atas.
1.
Penguasaan materi pelajaran
Guru
yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Tentu saja,
pengetahuan subjek materi tidak hanya mencakup fakta, istilah, dan konsep umum.
Ini juga membutuhkan pengetahuan dasar pengorganisasian materi, mengkaitkan
berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumentasi.
2.
Strategi Pengajaran
Dalam
hal ini bagaimana guru dapat membuat pengajaran materi dapat dikuasai oleh
murid. Pada pendidikan model lama (tradisional) terlalu menekankan murid harus
duduk diam, menjadi pendengar pasif dan menyuruh murid untuk menghafal
informasi yang relevan dan tidak relevan. Kemudian berganti pada prinsip
konstruktivisme, yaitu menekankan agar murid secara aktif menyusun dan
membangun pengetahuan dan pemahamannya. Namun tidak semua ahli setuju dengan
cara di atas, tetapi yang terpenting adalah walaupun anda menggunakan salah
satu strategi di atas, masih banyak hal yang harus diketahui, hal-hal yang
memberikan pengaruh dalam pengajaran yang efektif.
3.
Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
Guru
yang efektif tidak sekadar mengajar di kelas, entah dia menggunakan perspektif
tradisional atau konstruktivisme di atas. Mereka juga harus menentukan tujuan
pembelajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.
4.
Keahlian manajemen kelas
Aspek
penting lainnya untuk menjadi guru yang efektif adalah mampu menjaga kelas
tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas. Guru yang
efektif dapat mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif.
5.
Keahlian motivasional
Guru
yang efektif mempunyai strategi yang baik untuk memotivasi murid agar mau
belajar. Guru yang efektif tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa
memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru yang baik akan memberi
kesempatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk proyek mereka
sendiri.
6.
Keahlian komunikasi
Hal
yang perlu diperlukan untuk mengajar adalah keahlian dalam berbicara,
mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi non verbal
dari murid, dan memapu memecahkan konflik secara konstruktif.
7.
Bekerja secara efektif dengan murid dari berbagai kultur yang berbeda
Guru
yang efektif harus mengetahui dan memahami anak dengan latar belakang kultural
yang berbeda-beda, dan sensitif terhadap kebutuhan mereka. Mendorong murid satu
dengan murid yang lain untuk berhubungan positif.
8.
Keahlian teknologi
Guru
yang efektif tahu cara menggunakan komputer dan cara mengajar murid menggunakan
komputer untuk menulis dan berkreasi. Teknologi itu sendiri tidak selalu
meningkatkan kemampuan belajar murid perlu kesesuaian antara kurikulum dengan
teknologi yang sesuai dalam pengajaran.
B. KOMITMEN
DAN MOTIVASI
Menjadi
guru yang efektif juga membutuhkan komitmen dan motivasi. Aspek ini mencakup
sikap yang baik dan perhatian kepada murid. Komitmen sangat dibutuhkan dalam
pengajaran, bagaimana guru memberikan tenaga dan pikiran untuk memberikan
pengajaran yang dapat diterima oleh murid dengan baik. Guru yang efektif juga
mempunyai kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan
emosi negatif melunturkan motivasi mereka.
Sekian,
mudah-mudahan mampu diaplikasikan. Terima Kasih.